Selasa, 25 Mei 2010

Si Kucing Besar Jadi Mobil Polisi


Staffordshire - Hati-hati wahai tukang ngebut di jalanan, mobil Jaguar XF akan berpatroli menjaga jalanan tetap aman.

Mobil ini dipilih kepolisian Inggris karena beberapa alasan. Selain mobil bermesin sangar dan tangguh Jaguar XF Diesel S, Jaguar XF ini juga ramah lingkungan.

Selain mampu melayani kebut-kebutan, si Jaguar juga sangat ramah lingkungan. Tercatat konsumsi bahan bakarnya ternyata 20 persen lebih irit dari versi sebelumnya. Konsumsi BBM-nya sekitar 18 km per liter, serta kadar CO2 mencapai 179 g/km, dan residu yang rendah.

Seperti dilansir Topspeed, Selasa (18/5/2010) ada 7 unit kendaraan Jaguar XF Diesel S yang dipercaya polisi Inggris untuk mengejar para penjahat di jalanan.

Tampilan Jaguar XF Diesel S sudah diubah hingga mirip mobil patroli Inggris.

Sirine dan aksen kotak-kotak pada bodi mobil ciri khas polisi jalan raya Inggris sudah menempel erat di tubuh Jaguar XF Diesel S.

Ketujuh unit itu rencananya akan berpatroli di Staffordshire, Mercia dan West Midlands, Inggris. Mereka akan berpatroli secara bergantian untuk mengamankan kondisi jalanan di daerah tersebut.

Kepolisian Inggris menetapkan pilihan pada Jaguar XF Diesel S dikarenakan mobil tersebut dipersenjatai mesin berkapasitas 3.000 cc diesel V6 yang terkenal dengan tenaga besarnya.

Tengok saja mesin ini dapat meyemburkan tenaga 275 hp. Sementara untuk berakselerasi dari 0-100 km perjam hanya butuh waktu 5,9 detik. Sedangkan kecepatan maksimal, Jaguar XF Diesel S dapat berlari hingga 250 km per jam dengan 6 percepatan otomatis.

Cukup dahsyat untuk ukuran mobil polisi yang berpenggerak roda belakang atau rear-wheel drive.

Jaguar XF untuk polisi ini juga dibuat secara istimewa. Pemasangan 3.600 lampu di atap mobil, lampu LED biru dan putih dalam grille depan, LED biru di bagian samping mobil, LED biru dan merah di bagian buritan mobil polisi. Dan ada lagi seperangkat alat elektronik yang dinamakan Police pack.

Wah, kalau mobil ini dipakai polisi Indonesia bagaimana yah?

0 komentar: